arti dan pengertian PHP pemrograman

Arti PHP itu apa sih?

    Pengertian (Hypertext Prepocessor), yaitu sebuah bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan dari sebuah situs web dan biasanya digunakan bersama dengan HTML. PHP sendiri pertama kali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf  tahun 1994.
    PHP merupakan sebuah bahasa pemrograman yang paling terkenal yang digunakan dalam membuat sebuah situs website yang ada. Berdasarkan survei yang ada di situs website Wtechs, bahasa pemrograman PHP menjadi pemrograman server-side yang sangat populer dibandingkan dengan pemrograman lainnya.

survai pengguna PHP programing 2018
survai PHP programing 2018
     Dalam dunia web desain yang ada, PHP digunakan sebagai script pelengkap bahasa pemrograman lainnya diantaranya yaitu bahasa pemrograman HTML dan CSS. 

Lantas apa sih fungsinya bahasa pemrograman PHP?


     Bahasa pemrograman PHP pada intinya bukanlah sebuah bahasa pemrograman yang sangat wajib digunakan untuk mendesain sebuah website. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman pelengkap saja, yang hanya digunakan pada website dinamis atau pun interaktif. 

     Dalam pembuatan sebuah website yang  interaktif maupun dinamis, bahasa pemrograman PHP biasanya digunakan sebagai media atau sarana untuk mempersingkat sebuah program pada bahasa pemrograman HTML dan CSS. Dengan bahasa pemrograman HTML plus CSS biasanya dibutuhkan baris kode programing yang sangat panjang, sedangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, baris kode yang dibutuhkan dapat diperpendek lagi hingga menjadi beberapa baris kode saja.

contoh :
program html tanpa PHP
image: HTML
dalam pemrograman PHP maka akan menghasilkan program cukup seperti dibawah ini :

menggunakan php
image: programing dengan php


     Selain dapat mempersingkat script atau kode bahasa pemrograman, PHP juga dapat digunakan untuk menginput data ke sebuah sistem database, mengkonversi halaman yang berisi text menjadi dokumen PDF maupun excel, melaksanakan manajemen cookie dan session , menghasilkan sebuah gambar, dan berbagai macam kegunaan lainnya.

     Bahasa pemrograman PHP ini biasanya banyak digunakan di website-website server. Beberapa penyedia layanan website yang menggunakan bahasa pemrograman PHP sebagai bahasa dasarnya yaitu Joomla, WordPress, dan Drupal. Sangking banyaknya website server yang menggunakan bahasa pemrograman PHP, bahasa pemrograman PHP sering kali disebut / dijuluki dengan bahasa pemrograman server – side.


Penulisan PHP

     Dalam beberapa referensi saya sering menemukan aturan penulisan tag pembuka , saya lebih menyarankan kepada semua untuk menuliskan tag pembuka secara penuh(lengkap) yaitu tag pembuka dan tag penutup .

Contoh:
<?php
   echo “Halo Dunia”;
?>

    Program PHP dapat dijalankan melalui file HTML yang kemudian dipanggil dan dijalankan melalui Web Browser seperti Mozilla Firefox, Netscape, atau Internet Explorer. Program dalam PHP ditulis dengan diberi ekstensi ".php" pada akhir filenya.



Post a Comment

0 Comments