PHP part #2 Komentar Dalam PHP

Komentar Pada PHP.

Komentar adalah bagian dari kode program yang tidak dikompilasi atau tidak dibaca, Komentar dalam kode program biasanya digunakan oleh para programmer untuk memberi tanda atau keterangan pada kode program yang dia kembangkan, agar mudah dibaca, dipahami dan dimengerti terutama untuk programmer lainya jika kita sedang bekerja dalam suatu team, karena tidak semua programmer mempunyai jalan pikiran yang sama dalam pembuatan algoritma, hal ini sangat beguna untuk memberitahu dengan menggunakan bahasa manusia dan mempermudahkan pada orang untuk mempelajari apa yang ada di dalam kode program yang telah kita tulis

didalam php terdapat 2 tanda penulisan komentar
  1. Single line ditandai dengan tanda " // "
  2. Multi Line ditandai dengan tanda  " /* */ "

Single Line

    Komentar ini diguanakan untuk membuat semua karakter setelah tanda // dan hanya di baris itu akan berlaku menjadi komentar. Biasanya cara ini digunakan untuk menandai atau memberi keterangan pada kode di baris itu.

contoh #1

<?php
// contoh komentar satu baris (single line) 
$car = "honda";
echo $car;
?>

contoh #2

<?php
$car = "honda";
echo $car; // contoh komentar satu baris (single line) 
?>

contoh #3

<?php
$car = "honda";
//echo $car; 
?>
keterangan :
     Setiap kode ataupun kata2 yang diberi tanda  "// ", tiap baris tersebut akan diabaikan oleh brouser ataupun compiler. silahkan pahami kode diatas dan praktikan langsung kode tersebut dan lihat perbedaanya ketika dicoba.

Multi Line

Merupakan fitur komentar yang diturunkan oleh Bahasa Pemrograman C, cara di atas akan membuat semua karakter di antara tanda /* dan */ akan berlaku sebagai komentar. Jika cara single line tidak cukup untuk memberi keterangan (komentar) yang membutuhkan berbaris-baris atau membuat komentar menggunakan break line agar mudah untuk di baca, maka kita dapat menggunakan cara komentar multi-line.

Example

<?php
    /*
      ini adalah sebuah komentar pada php yang 
digunakan apabila banyak informasi ditulis di dalamnya
    */
?>

Fungsi Sebuah Komentar dalam Pemrograman

Salah satu fungsi komentar dalam bahasa pemrograman  pada khususnya adalah sebagai berikut:
  1. Menjelaskan algoritma dan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam program sehingga program menjadi lebih mudah dipahami oleh yang melihatnya
  2. Membantu dalam proses pemeliharaan (maintenance) dari program yang telah kita buat, sehingga proses maintenance menjadi lebih cepat karena dengan adanya komentar kita dapat lebih cepat mengetahui fungsi dari sebuah program.
  3. Menuliskan informasi tentang kode program, misalnya nama nama pembuat kode program, kapan kode tersebut dibuat / dimodifikasi, lisensi dari program tersebut, maupun deskripsi lain yang diperlukan.
  4. Mempermudahkan kita dalam mengingat kembali dan menjelaskan kode / deskripsi program pada program yang di buat
  5. Mempermudahkan programmer lain dalam memahami program yang kita buat.

Materi diatas adalah contoh penggunaan fitur komentar di PHP. meskipun kita menulis sebanyak mungkin "komentar" untuk memperjelas program yang kita buat, compiler tidak akan pernah membaca pernyataan yang ditulis sebagai "komentar" tersebut.

Post a Comment

0 Comments