PHP part#5.2 tipe data integer dan penggunaannya.


    
   Tipe data integer adalah tipe data yang berupa angka bilangan bulat. apa itu bilangan bulat?.. bilangan bulat adalah bilangan yang tanpa koma dibelakangnya alias bilangan asli. tipe data integer bisa berupa bilangan positif maupun negative contoh 22 adalah angka bilangan bulat.
    pada umumnya tipe data integer digunakan ketika menyimpan data berupa angka kedatabase maupun menampilkan ke tampilan. contoh penggunaannya  adalah jumlah mahasiswa, kode pos itu menggunakan tipe data integer karena tidak bersifat pecahan. tipe data integer memiliki range atau batasan dari mulai -2147483648 sampai dengan 2147483648.

berikut ini adalah cara penulisan tipe data integer.

Contoh tipe data integer

<?php
  $variabel1=12;
  $variabel2=-22;
 
  echo $variabel1;
  echo $variabel2;
?>
dari contoh diatas seperti yang kita ketahui penulisan tipe data yang berupa angka itu tidak perlu menggunakan tanda kutip dua ataupun kutip satu. karena jika kita memberikan tanda kutip dua maupun satu pada variabel tersebut maka akan dibaca string oleh PHP.

hasil dari kode diatas adalah sebagai berikut:


berikut ini adalah sekilas penggunaan bilangan integer pada operasi penjumlahan sebagai sedikit gambaran supaya mengerti penggunaan dari bilangan integer.

contoh type data integer real

<?php
  $hutang = 15000;
  $dibayar = 10000;
   $sisa_hutang= $hutang - $dibayar;
 
  echo "maka hutang saya =".$sisa_hutang;
?>
maka hasil dari kode diatas adalah seperti dibawah ini :
 

demikian sedikit penjelasan dari tipe data integer. semoga dapat di fahami dengan mudah. bila ada pertanyaan silahkan tanyakan di komentar di bawah.

Post a Comment

0 Comments