cara membuat website part1 #download xampp, install Xampp, menggunakan xampp dan pengertian xampp

    untuk membuat suatu web atau belajar PHP kita memerlukan sebuah virtual server yang digunakan untuk menjalankannya. dengan demikian kita dapat menjalankan programnya ke brouser seperti chrome, firefox dll. dalam hal ini saya akan menggunakan xampp untuk menjalankan programnya. singkatan dari Xampp adalah X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl aplikasi ini bersifat opensource atau gratis.


Apa itu Xampp?

XAMPP adalah software aplikasi pengembang yang digunakan untuk pengembangan website berbasis PHP dan juga sebagai server untuk local dalam pembuatan database dengan MySql. Xampp telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.versi yang terbaru adalah revisi dari yang terdahulu,sehingga lebih baik dan lebih lengkap.aplikasi utama dalam paket Xampp yakni terdiri atas web server Apache,MySQL,PHP,dan PHPMyAdmin.
   Apache adalah sebuah web server open source,jadi semua orang dapat menggunakannya secara gratis,bahkan anda bisa mengedit kode programnya.fungsi utama dari Apache yakni menghasilkan halaman web yang benar sesuai dengan yang dibuat oleh seorang web programmer,dengan menggunakan kode PHP.
     PHP adalah bahasa pemograman untuk membuat web.dengan PHP anda dapat membuat halaman web yang dinamis.selain mendukung di sistem operasi Windows,PHP juga dapat di gunakan pada mac OS,Linux,dan sistem operasi yang lainnya.
    MySQL adalah sistem manajemen database yang sering digunakan bersama PHP.PHP juga mendukung pada Microsoft Access,Database Oracle,d-Base,dan sistem manajemen database lainnya. SQL {Structured Query Language} adalah bahasa terstruktur yang digunakan secara khusus untuk mengolah database.dan MySQL merupakan sebuah sistem manajemen database.

Bagaimana Cara Menginstall Xampp?

berikut ini adalah cara menginstall Xampp
  • masuk ke web xamppnya dan download xamppnya di sini Download
  • kemudian ketika muncul tampilan seperti dibawah ini maka pilih sesuai spesifikasi laptop kalian masing2. dalam hal ini laptop saya adalah masih 32bit. pilih salah satunya dari 4 kriteria tersebut. kalau saya menggunakan yang versi 5.6.36 karena banyak framework hanya suport di PHP5 sedangkan 7.0 itu adalah PHP versi 7 tidak semuanya suport.


  • kemudian setelah selesai download maka kita install saja. nanti ketika dijalankan akan seperti ini :
         klik ok untuk melanjutkan penginstalan aplikasinya.


  • langkah selanjutnya adalah akan mencul tampilan seprti dibawah ini 
ketika muncul eror seperti itu klik ok saja tidak masalah. ada juga yang tidak ada eror seperti itu ketika dijalanka penginstallan. setelah klik ok maka akan muncul tampilan dibawah ini :

  • kemudian langkah selanjutnya setup xampp. klik next saja.
  • selanjutnya adalah muncul tampilan seperti ini 
ini adalah tampilan untuk setting komponen apa saja yang akan diinstall. saran saya adalah langung next saja. biarkan default.



  • setelah next maka akan ada pilihan tempat penginstallan ada dimana. kalau saya biarkan install di direktori C:/ . kemudian next.
  • setelah itu maka akan penginstallan telah selesai dilakukan, klik finish.
  • setelah finish maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini 
tampilan ini artinya adalah kita diberi pilihan apakah kita akan menjalankan aplikasi xamppnya? jika kita pilih Yes maka akan ada tampilan seperti ini 


  • untuk menjalankannya kita cukup gunakan apache dan mysql saja dengan mengklik tombol start.


  • cek apakah sudah jalan dengan mengakses http://localhost/phpmyadmin/ jika berhasil maka kita akan langsung masuk ke phpmyadmin yang digunakan untuk database. seprti ini tampilannya
kalau sudah sampai disini selamat anda berhasil menginstallnya. demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat dan dapat membantu anda-anda semua yang sedang dan akan belajar pemrograman Web dengan PHP.

untuk menjalankan kembali kalau suatu saat lupa kita bisa masuk ke direktori C:/ kemudian pilih Xampp. dan didalam xampp akan ada bentuk seperti ini




langsung pilh aja xampp-control klik 2x maka akan langsung muncul seperti langkah terakhir dalam menjalannkan xamppnya.

Post a Comment

0 Comments