PHP part#4.1 Echo dalam PHP (cara penerapannya)



echo adalah sebuah fungsi untuk menampilkan teks ke layar. fungsi ini biasanya  menggunakan tanda kurung, tanda kutip maupun tanpa tanda kutip untuk menampikan teksnya. fungsi echo tidak akan menampilkan apa-apa kecuali hanya teks saja ke layar. adapun dari perbedaan penggunaannya diantaranya adalah sebagai berikut:

penulisan fungsi echo dengan tanda kurung

penggunaan echo menggunakan tanda kurung dapat kita lihat di contoh-contoh dibawah ini:

contoh #1

<?php
     $text="ini adalah nama saya";
     echo ($text);
?>
dari contoh pertama yaitu dengan memasukan string kedalam variabel $text maka untuk memanggilnya cukup masukan variabel $text kedalam tanda kurung fungsi echo. adapun jika kita ingin menuliskan secara langsung maka dapat kita tuliskan seperti dibawah ini.

contoh #2

<?php
    echo ("ini adalah nama saya");
?>
hasil dari kedua contoh diatas adalah sama. hasilnya akan seperti dibawah ini

dari kedua contoh diatas tidak ada perbedaan sama sekali dalam penggunaan echo. sama-sama dapat diterapkan dalam menampilkan teks ke layar.

echo dengan tanda kutip maupun petik

perintah echo bisa juga menggunakan tanda kutip maupun kutip dua secara langsung. biasanya orang akan memilih menggunakan echo dengan tanda kutip dibandingkan dengan tanda kurung, jika menggunakan tanda kurung suatu saat kita akan menemukan error parse jika parameternya lebih dari satu. untuk penulisannya sendiri adalah sebagai berikut :

contoh #1

<?php
    echo 'tampilkan text latihan ini';
    echo "tampilkan text latihan ini";
?>

contoh diatas adalah menampilkan 'tampilkan text latihan ini' ke layar web brouser dengan menggunakan kutip satu dan kutip dua. kutip menandakan bahwa yang kita tampilkan adalah sebuah string.  lalu bagaimana dengan penulisan yang lebih dari 1 variabel kedalam satu echo?. berikut ini adalah contoh dari hal tersebut:

contoh #2

<?php
    $tampilkan="tampilkan";
    $latihan ="latihan";

    $echo $tampilkan.'text'.$latihan.'ini';
?>
dari contoh diatas terdapat perintah .$latihan. , titik tersebut artinya kita ingin menggabungkan text tersebut menjadi satu text dalam satu kalimat. hasil dari kedua gambat tersebut yang diaras. maka hasilnya adalah sebagai berikut:

echo tanpa tanda kutip maupun kurung 

echo ini biasanya digunakan dalam sebuah looping atau perulangan, biasanya juga digunakan untuk menampilkan nilai dari sebuah variabel. contohnya adalah sebagai berikut ini :

contoh #1 menampilkan variabel

<?php
   $a=5;
   echo $a;
?>
hasil dari contoh diatas adalah angka 5 yang akan ditampilkan dilayar.

Menampilkan Array

<?php
    $cekArray=array('mobil','motor','sepeda');
    echo $cekArray[2];
?>

hasil dari contoh diatas adalah mencetak array ke 2 yaitu sepeda. kenapa yang muncul sepeda bukan motor. untuk labih jelasnya dapat anda lihat dalam materi : belajar tipedata array.

Post a Comment

0 Comments