PHP part#4.6 perbedaan print_r dan var_dump pada pemrograman php

 Perbedaan print_r dan var_dump

pada pembahasan kali ini kita akan membahas perbedaan print_r dan var_dump. untuk lebih jelasnya dapat kalian lihat pada penjelasan di bawah ini:
  1. print_r adalah  fungsi yang digunakan untuk mencetak output ke browser yang tujuannya mencetak nilai variabel dengan format yang lebih mudah dibaca.
  2. var_dump adalah  fungsi yang digunakan untuk mencetak output ke browser dengan menampilkan informasi pada suatu nilai variabel tersebut bersama dengan tipe datanya.
perhatikan pada kata yang dicetak tebal.

print_r digunakan untuk mencetak nilai suatu variabel dengan format yang lebih mudah dibaca. artinya print_r ini digunakan agar keluaran saat ditampilkan di brouser itu agar lebih mudah dibaca.
biasanya print_r digunakan untuk mencetak nilai atau value pada variabel yang keluarannya adalah array serta digunakan untuk mencetak objek dari suatu kelas, biasanya print_r juga digunkan untuk mendebug suatu kesalahan code.

mari lihat perbedaannya ketika kita mengeluarkan nilai suatu array dengan menggunakan echo.

Echo code

<?php
   $cekArray=array('andi','andu','ando',12,3);
    echo $cekArray['0'];
    echo $cekArray['1'];
    echo $cekArray['2'];
?>

pada contoh diatas jika kita menggunkan echo untuk mencetak array tersebut maka kita harus menyebutkan indeks-nya satu per satu. dan hasilnya akan menampilkan langsung nama-nama yang ada pada indeks ke 0 yaitu andi, 1 yaitu andu, 2 yaitu ando. hasil dari koding diatas adalah sebagai berikut:


dari hasil diatas tentunya sangat sulit kita membacanya bukan. lalu jika kita mnggunakan print_r sperti contoh dibawah ini:

contoh print_r dengan echo

<?php
   $cekArray=array('andi','andu','ando',12,3);
    echo "<pre>";
    print_r($cekArray);
    echo"</pre>";
?>

catatan :
print _r biasanya ketika digunakan untuk mencetak ke layar komputer menggunakan gabungan echo dan pre. fungsinya adalah agar pembacaan code lebih mudah dilihat dibandingkan tanpa echo dan pre.
hasil keluaran dari code diatas adalah sebagai berikut :


Bagaimana lebih mudah dibaca bukan. dan ini adalah harsil jika tanpa menggunakan echo dan pre alias hanya menggunakan print_r untuk mencetak hasil array.


Perbedaan dengan var_dump

mari kita baca kembali pernyataan yang diatas. var_dump digunakan untuk menampilkan informasi dari suatu variabel. dan biasanya var_dump juga digunakan untuk mencetak array juga. sebagai contoh dapat dilihat pada code dibawah ini:

contoh Var_dump();

<?php
   $cekArray=array('andi','andu','ando',12,3);
   echo "<pre>";
   var_dump($cekArray);
    echo "</pre>";
?>

catatan:
var_dump biasanya ketika digunakan untuk mencetak ke layar komputer menggunakan gabungan echo dan pre juga sama seperti print_r. fungsinya adalah agar pembacaan code lebih mudah dilihat dibandingkan tanpa echo dan pre.

hasil dari kode diatas adalah sebagai berikut :


Perhatikan hasil dari code diatas. dalam array tersebut tipe data setring dan integer semuanya ditampilkan beserta informasi mendetail lainnya.
perbadaannya dari print_r dengan var_dump adalah print_r tidak menampilkan informasi tipe data dari array tersebut sedangkan var_dump semua atau seluruh informasi bakal ditampilkan ke layar.

sebagai hail akhirnya silahkan perhatikan perbedaan dari hasil print_r dan var_dump:


Kapan menggunakan var_dump dan print_r ?

kalau menurut pengalaman pribadi, print_r dan var_dump digunakan ketika kita ingin mengecek suatu keluaran data dari database query yang kemudian diletakan dalam suatu log untuk mengecek suatu nilai ada datanya untuk ditampilkan atau tidak. dan itu semua tergantung selera masing-masing kapan kita menggunakan var_dump maupun print_r. yang penting tau penggunaannya untuk apa.

Post a Comment

0 Comments