PHP part#4.5 perbedaan print dan echo didalam pemrograman php


Seperti yang kita ketahui, fungsi echo , print, print_r dan var_dump sama-sama digunakan untuk menampilkan. lalu apa sih perbedaannya dan kapan kita menggunakan dari masing-masing fungsi tersebut. untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini.
pertama kita bahas dulu masing-masing pengertiaan dari fungsi-fungsi tersebut:

  1. echo adalah fungsi yang digunakan untuk menampilkan hasil output sebanyak satu atau lebih data yang dipisahkan dengan tanda koma (,) pada browser.
  2. print adalah fungsi yang memiliki kegunaan yang sama dengan echo, namun print hanya mampu menampilkan data tunggal (hanya satu data).

Perbedaan echo dan print

 secara pengoprasian fungsi echo dan print tidaklah jauh berbeda yaitu sama-sama untuk menampilkan text ke brouser. namun perbedaan yang mencolok dari echo adalah echo tidak dapat digunakan untuk expresi yang lebih komplek karena kembalian (return) echo adalah void , sedangkan print adalah boolean. kemudian untuk echo dapat menampilkan output bisa lebih dari satu data yang dipisahkan dengan koma sedangkan print hanya bisa digunakan untuk menampilkan hanya satu data saja. 

kesimpulannya :

echo dan print memiliki kegunaan yang sama untuk menampilkan output tetapi kegunaan tersebut memiliki fungi yang lebih spesifik.

untuk lebih jelas perhatikan contoh dibawah ini dan perhatikan perbedaannya

contoh #1 echo. 

<?php
   $variabel1="onophp";
   $umur =12;

echo"nama saya ",$variabel1," dan umur saya ",$umur," tahun";

?>
perhatikan contoh diatas. di dalam perintah echo kita bisa menggabungkan banyak variabel  dengan tanda koma. hasil dari program diatas adalah sebagai berikut


lalu bagaimana dengan contoh print...?
untuk perintah print sendiri dapat kalian lihat dari beberapa contoh dibawah ini:

contoh #2 print.

<?php
   $perintah = "saya lagi ingin belajar";
   print($perintah);
?>

hasil dari contoh diatas adalah sebagai berikut:


dari contoh print diatas hanya menggunakan untuk menampilkan data tunggal. lalu bagaimana jika menggunakan data lenih dari satu...? apa yang akan terjadi. berikut ini adalah contoh penggunaan print yang salah.

contoh #3 print "Salah"

<?php
   $perintah = "saya lagi ingin belajar";
   $tempat ="rumah";
   print($perintah,$tempat);
?>
perhatikan contoh koding perintah print yang salah karena menempatkan 2 variabel didalam satu print. sedangkan pada pengertianya sendiri perintah print hanya bisa digunakan hanya untuk 1 data tidak lebih. maka hasil dari koding diatas adalah sebagai berikut:


error ini tidak dapat dilihat dari layar web brouser melainnya dapat kalian lihat pada log di terminal kalian.
demikian sedikit penjelasan mengenai perintah fungsi echo dan print, semoga dapat membantu kalian yang ingin mengetahuinya. 

mohon koreksinya jika dalam penulisan ini masih kurang jelas kata-katanya dengan memberi komentar yang membangun di blog catatan ini. 

Post a Comment

0 Comments