PHP part#4.4 fungsi var_dump pada php


Fungsi Var_dump adalah Fungsi untuk menampilkan atau mencetak variabel ke layar beserta dengan tipe data dari variabel tersebut. seperti kita ketahui didalam php untuk menulis sebuah variabel kita tidak bisa membedakan tipe data seperti pemrograman lainnya. 

contohnya penulisan variabel pada pemrohraman java

int variabel1 = 3;
string variabel_string = "latihan var_dump";

sedangkan pada pemrograman php

$variabel_angka = 3;
$variabel_String = "latihan var_dump";

dari kedua perbedaan diatas kita dapat simpulkan, didalam pemrograman php tipe data dalam variabel tersebut tidak diketahui mana yang bertipe integer maupun yang bertipe string. sedangkan di java kita sudah mengetahui bahwa variabel tersebut sudah bertipe integer ataupun string dilihat dari penulisan variabelnya. oleh karena itu digunakanlah var dump untuk menampilkan bahwa variabel tersebut mempunyai tipe data sendiri-sendiri.

var_dump biasanya digunakan untuk men - Debug suatu error pada variabel.

contoh #1 Var_dump pada Variabel biasa

<?php
   $var_nama1=67;
   $var_nama2="a8";
   $var_nama3="73";
   $var_nama4="onophp.com";
   $var_nama5=72.99;
   $var_nama6=+12000.66;
   echo var_dump($var_nama1)."<br/>";
   echo var_dump($var_nama2)."<br/>";
   echo var_dump($var_nama3)."<br/>";
   echo var_dump($var_nama4)."<br/>";
   echo var_dump($var_nama5)."<br/>";
   echo var_dump($var_nama6)."<br/>";
?>

hasil dari koding diatas adalah seperti ini.



dari gambar diatas dapat kalian lihat pada gambar yang saya lingkari warna merah. didalam lingkaran merah tersebut ada nama file "latihan.php" itu adalah letak file php saya yang diberi nama latihan.php. kemudian dilanjut dengan angka 8 dan tipe data " int"itu artinya pada line/baris ke 8 tipe datanya adalah integer.

kemudian, fungsi var_dump juga dapat digunakan untuk menampilkan isi data dari sebuah array. contohnya dapat kalian lihat di contoh dbawah ini :

contoh #2 var_dump pada variabel bertipe Array

<?php
  $var_nama=array(99,'onophp.blogspot.com,99.99,true);
  var_dump($var_nama);
?>
hasilnya adalah seperti dibawah ini.


perhatikan gambar diatas yang diberi tanda merah. dari tampilan tersebut dapat disimpulkan bahwa fungsi var_dump selain untuk menampilkan variabel, juga dapat menampilkan jenis tipe data dari variabel tersebut.
Fungsi ini akan sangat berguna ketika pembuatan kode program yang lebih rumit untuk menghindari sebuah kesalahan. yang sering saya temui adalah kode ini digunakan ketika kita mengambil data dari database, jason yang memiliki kerumitan yang lebih kompleks.

Post a Comment

0 Comments