perintah print_r dalam php (fungsi dan cara penggunaannya)



perintah print_r dalam php (fungsi dan cara penggunaannya)--- Fungsi print_r dalam php adalah untuk mencetak atau menampilkan isi dari sebuah variabel  tanpa menampilkan tipe datanya. biasanya print_r digunakan untuk menampilkan isi dari sebuah array dibandingkan variabel yang biasa, baik itu array satu dimensi maupun 2 dimensi. bagi anda yang sudah mahir ataupun baru memulai belajar terhadap pemrograman php tentunya tidak asing dengan yang namanya array. array adalah sebuah tipe data bentukan yang terdiri dari kumpulan dengan tipe data lainnya.

sintaknya untuk menggunakan perintah print_r adalah

print_r( nama_variabel);

untuk contoh penulisannya sendiri dapat kamu lihat contoh dibawah ini:

contoh #1 print_r array 1 dimensi

<?php
   $city =array('jakarta','bandung','surabaya');
   $angka =array(2,3,4,5);
   echo '<pre>';
   print_r($city);
   echo '</pre>';

   print_r($angka);
?>
hasil dari perintah diatas adalah sebagai berikut :


dari gambar diatas menunjukan bahwa data yang ditampilkan beserta index dari masing-masing data dari contoh array yang ada pada kode diatas. biasanya saya menggunakan print_r hanya untuk mengetahui pada indek berapa data yang akan ditampilkan.

kemudian untuk contoh berikutnya print_r juga dapat menggunakan cara yang sama seperti echo dan print yaitu seperti contoh dibawah ini:

contoh #2 print_r

<?php
   print_r("contoh print_r seperti echo dan print");
?>
hasil dari contoh diatas adalah sebagai berikut :


tidak ada perbedaan jika hanya menggunakan print_r hanya untuk menampilkan text saja.
demikian sedikit tulisan dari saya bila ada kesalahan mohon koreksinya dengan berkomentar dibawah supaya dapat membantu teman-teman yang ingin belajar pemrograman dengan versi bahasa indonesia.

Post a Comment

0 Comments