PHP part#5.4 tipe data boolean didalam PHP

     Tipe data boolean adalah tipe data yang hanya memiliki 2 kemungkinan yaitu true dan false atau bernilai 1 dan 0. tipe data boolean sering digunakan dalam alur logika pemrograman yang membutuhkan validasi apakah nilai itu benar atau salah. tipe data boolean juga biasanya digunakan didalam database sebagai validasi untuk user login dan logout.
Tipe data boolean biasanya paling sering digunakan didalam validasi sebuah logika di dalam IF...
ada beberapa contoh dibawah ini cara menggunakan tipe data boolean diantaranya adalah sebagai berikut:

tipe data boolean digunakan di dalam IF

IF tipe Data Boolean

<?php
  $a=3<2;
  var_dump($a);

  if($a==true){
    echo "benar";
  }else{
    echo "salah";
  }
?>
keterangan :

     Dari koding diatas kita sediakan variabel $a dengan isi apakah 3 < 2? tentu saja jawabanya salah alias false. untuk mengetahui bahwa $a adalah bertipe bolean maka kita gunakan var_dump untuk mengecek isi dari $a, mengapa demikian? ... karena var_dump akan menampilkan isi dari variabel beserta dengan tipe datanya. . kemudian didalam IF kondisi kita mengecek apakah $a yang isinya false sama dengan true... tentu saja jawabanya adalah salah.
adapun hasil dari koding diatas adalah sebagai berikut :



demikian sedikit penjelasan mengenai tipe data bolean. jangan lupa komentar membangun dibawah supaya penulisannya lebih baik lagi. dan artikel ini akan diperbaiki dan dilengkapi contoh-contoh dan penjelasannya jika merasa masih ada yang kurang.

Post a Comment

0 Comments