Echo, Print, Print_r Cara menampilkan nilai di PHP



Pada pemrograman PHP kita akan sering mencetak output ke browser, entah itu untuk sekedar menampilkan output, mendeteksi error, dll.
Didalam pemrograman PHP ada 4 cara untuk menampilkan nilai. diantaranya adalah :
  1. echo
  2. print
  3. print_r
  4. var_dump
untuk penggunaanya sendiri memiliki perbedaan masing-masing. untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan berikut :

1. Fungsi Echo Pada PHP

echo digunakan untuk mencetak sebuah output ke browser dengan hasil outputnya bisa satu atau lebih data yang dapat dipisahkan dengan tanda koma (,) dengan penulisan <?php echo “data1”, 1, 2, 3, “data2” ?>. Echo digunakan HANYA sekedar untuk mencetak output ke browser, tidak ada tujuan lain, sehingga statement inilah yang paling sering digunakan untuk mencetak output ke brouser. echo bukanlah sebuah fungsi melainkan hanya “language costruct“, sehingga meskipun kita bisa menulis echo menggunakan  tanda kurung echo($nama) sebaiknya cara tersebut kita tinggalkan.

contoh "Echo"

<?php
$hello = "hello word"
$ayah ="hallo ayah"
echo $hallo,$ayah;
?>


2. Fungsi "Print" Pada PHP

Berikutnya yang kedua yaitu Print, seperti fungsi yang pertama print juga digunakan untuk mencetak hasil sebuah output ke browser, namun pada print hanya menghasilkan satu data sebagai contoh seperti dibawah ini.

Baca lebih lengkap di artikel sebelumnya yaitu "penggunaan print didalam pemrograman PHP"

contoh "print"

<?php
$alamat ='prambanan';
print($alamat);
print("Hallo Word");
?>


3. Fungsi print_r pada PHP

Sama seperti statement sebelumnya, print_r juga berfungsi untuk menampilkan output ke browser, tetapi print_r lebih cenderung untuk menampilkan nilai variabel dengan format yang lebih mudah dibaca. Print_r merupakan sebuah fungsi berbeda dengan echo dan print yang merupakan “Language Construct”, maka ketika kita menggunakan fungsi print_r kita harus menambahkan tanda kurung print_r().
Penggunaan print_r() biasanya hanya digunakan untuk melakukan debuging program, dimana kita akan mengetahui isi dari sebuah array ataupun objek (class). Output dari print_r bisa langsung di cetak kedalam variabel atau menyimpannya kedalam variabel tertentu. Untuk menyimpan ke dalam variabel, kita hanya perlu menambahkan argument kedua dengan nilai true

baca lebih lengkap diartikel "fungsi print_r yang tidak diketahui diphp"

contoh "print_r"

$kota = 'Bandung';
print_r ($kota); // Agus
$kota = array ('Bandung', 'Bekasi', 'Cirebon');
echo '<pre>';  print_r($kota); echo '</pre>';
// Menyimpan hasil print_r ke variabel
$mahasiswa = array(
'nim'   => array ('10116268', '10116280', '10116297'),
'nama'   => array ('Lutfi', 'Nadzar', 'Fikri'),
'jurusan' => 'Informatika',
);
$result = print_r($mahasiswa, true);
echo '<pre>'; print_r($result); echo '</pre>';
?>

4. Fungsi Var_dump pada PHP

     Fungsi var_dump berfungsi untuk mengetahui informasi pada suatu nilai variabel. Var_dump merupakan sebuah fungsi, oleh karena itu kita harus menambahkan tanda kurung var_dump().
Sama seperti print_r, penggunaan var_dump digunakan untuk proses debuging. Dimana kita bisa mengetahui struktur informasi (nilai dan tipe data) dari suatu variabel.
Tidak seperti print_r, kita tidak bisa langsung menyimpan output var_dump() kedalam sebuah variabel. melainkan kita harus menggunakan cara lain seperti menggunakan output buffering.
Berikut ini adalah contoh penggunaan var_dump dalam PHP.

contoh "var_dump"


<?php

$a = array(1, 2, array("a", "b", "c"));
var_dump($a);

?>


hasilnya adalah sebagai berikut:


Dari masing-masing cara menampilkan code diatas tentunya akan memiliki perbedaan yang mencolok mengenai penggunaannya. seperti perbedaan antara print dengan echo serta perbedaan antara print_r denga var_dump. untuk lebih jelas mengenai perbedaan antara var_dump dengan print_r didalam pemrograman PHP dapat di baca pada artikel yang dulu pernah dibuat yaitu  "perbedaan Var_dump dan print_r". 

Selain itu baca pula perbedaan antara echo dan print pada artikel berikut ini " perbedaan echo dan print didalam pemrograman php yang tidak banyak orang ketahui"

demikian artikel mengenai cara menampilkan perintah didalam pemrograman php. semoga bermanfaat dan mudah dimengerti penjelasannya.

Post a Comment

0 Comments